Minggu, 07 April 2013

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster

google webmaster tools
Sore! Setelah pagi (atau siang) hari tadi Suzy memposting soal Kumpulan Efek-Efek Untuk Blog, kali ini Suzy akan menposting, sesuai judulnya, Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster.

Sudah familiar dengan nama Google Webmaster? Kalau blogger newbie - dalam artian yang sesungguhnya, yang benar-benar baru memulai blogging, mungkin belum tahu. Google Webmaster sendiri adalah alat yang berguna untuk:


  • Increase traffic to your site
  • Get data of crawling, indexing, and search traffic
  • Receive notifications about problems on your site.

Jadi kalau diterjemahkan, kira-kira gunanya adalah untuk meningkatkan traffic ke blog kita, mendapatkan data untuk rayapan, indeks, dan traffic pencarian, serta untuk memberikan notifikasi soal masalah di blog kita... sebenarnya sih nggak persis begitu, tapi pokoknya kurang lebih begitu.

Cara mendaftarkan situsmu ke Google Webmaster adalah:

  • Pertama-tama kunjungi situs ini: https://www.google.com/webmasters/
  • Klik tombol "Masuklah ke Layanan Alat Webmaster"
  • Anda akan masuk ke halaman baru. Setelah itu, klik tombol "Tambahkan Situs" atau "Add Site".
  • Setelah itu anda akan diperlihatkan sebuah kotak dialog, isikan URL blog anda di sini.
  • Lalu, anda bisa memilih metode verifikasi yang diinginkan. Ada metode yang disarankan dan metode alternatif. Pilih metode alterntif.
  • Di metode alternatif, pilih metode "Tag HTML". Anda akan diminta untuk menyalin tag HTML yang sudah tersedia ke situs Anda. Bagaimana caranya? Lihat di bawah.

Masuk ke menu Template, lalu klik Edit HTML. Cari kode di bawah ini:



Anda bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl+F untuk memudahkan pencarian. Setelah kodenya ketemu, pastekan kode tadi di bawah tag <head>, sehingga hasilnya akan jadi seperti ini:



Jika sudah selesai, klik "Save Template" atau "Simpan Template". Setelah tag meta tersimpan, kembali ke situs Google Webmaster tadi, dan klik "Verify" atau "Verifikasi".

Setelah itu blog Anda sudah resmi terdaftar di Google Webmaster.

Ingat! Walaupun situs Anda sudah terverifikasi, jangan hapus tag meta itu dari template blog Anda. Hal ini juga sudah diperingatkan oleh Google Webmaster.

Sekian tutorial kali ini, selamat mencoba dan semoga berhasil ^_^
Judul: Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Unknown
Anda sedang membaca artikel Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://suzysnotebook.blogspot.com/2013/04/cara-mendaftarkan-blog-ke-google.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar