Sabtu, 06 April 2013

Cara Memasang Template di Blogger

Bagi para blogger, kata "template" pasti sudah tidak asing lagi bukan? Yup, template adalah tampilan blog kita. Bagi blogger di platform Blogspot, mungkin bisa dengan mudah mengedit template blognya, tapi kalau blogger di platform WordPress, hanya bisa menggunakan template yang tersedia saja. Jadi, Suzy hanya akan membahas soal cara memasang template di Blogger.

Template yang bagus sudah ketemu, tampilannya rapi dan enak dipandang, tapi kalau misalnya kita tidak tahu cara memasangnya, apa gunanya? Nah, jadi lebih baik kita langsung saja ke topik utamanya. Suzy juga serahkan screenshot step-by-step supaya nggak bingung.

Pertama, login ke Blogger. Lalu, anda akan secara otomatis masuk ke homepage Blogger.

tampilan menu homepage blogger
Maaf karena beberapa bagian harus Suzy blur, tapi itu privacy! :D

Kedua, masuklah ke menu Template. Template yang sekarang Anda gunakan akan muncul, dan juga pilihan untuk mengedit HTML.

tampilan menu template di blogger
Tampilan menu Template

Nah, sekarang ada dua pilihan untuk Anda. Apakah Anda akan memasang template dengan mengedit HTML, atau dengan upload file? Itu tergantung dengan format template yang Anda miliki. Lebih jelasnya, silakan lihat dibawah.

Cara Pasang Template dengan Format Kode HTML

Menurut Suzy, cara ini rumit. Karena kita harus menghapus semua kode HTML yang sudah ada, dan sebagai peringatan, satu template saja bisa memuat kode HTML sampai ratusan (atau ribuan?) baris kode HTML yang harus dihapus. Tapi, kalau template yang Anda miliki masih dalam format kode HTML, mau tidak mau Anda harus menggunakan cara yang satu ini.

Pertama, di menu Template tadi, klik tombol "Edit HTML" yang ada di sebelah tombol "Sesuaikan". Lalu, sebelum Anda mulai mengedit, pertama-tama centang dulu kotak Expand Template Widget. Seperti di bawah ini:

kotak edit HTML
Kotak Edit HTML

Kedua, hapus semua kode yang sudah ada di dalam kotak Edit HTML itu, lalu ganti dengan kode HTML template yang Anda miliki. Klik "Simpan Template" dan lihat hasilnya.

Salah satu situs penyedia kode HTML untuk template Blogger adalah Free Code Source. (Silakan kunjungi link tersebut jika Anda masih berminat mencari template yang lain. :D

Cara Pasang Template dengan Format File

Cara ini cenderung lebih mudah, tapi mencari filenya itu yang susah. Nah, untuk tutorial ini, Suzy anggap semuanya sudah mempunyai template dengan format file yang dimaksud. (karena Suzy juga tidak tahu dimana sumber template-template dalam format file yang terpercaya, bagi sobat blogger yang tahu bisa membagikan ilmunya di kolom komentar).

Pertama, masih dalam menu Template tadi, klik menu Cadangkan/Pulihkan di sebelah kanan atas.

menu cadangkan/pulihkan
Menu Cadangkan/Pulihkan (yang diberi gambar kotak berwarna merah)

Kedua, Anda akan diperlihatkan sebuah kotak dialog seperti ini:

kotak dialog pengunggahan file template di menu cadangkan/pulihkan
Kotak dialog

Ketiga, klik tombol "Choose File" yang sudah kuberi gambar kotak berwarna merah. Lalu, pilih file template yang sudah Anda simpan di komputer/laptop Anda. Oh ya, apabila format filenya masih berupa .zip, jangan lupa untuk mengekstraknya dengan program WinZip atau program lainnya sebelum meng-upload filenya. Karena format template yang bisa diunggah hanya file dengan format .xml.

Setelah file template itu terpilih, klik tombol "Unggah", dan lihat hasilnya.

Cara Mem-Backup Template

Saat mengedit template, kita tidak pernah tahu apabila hasilnya tidak sesuai perkiraan. Bisa jadi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat kita mengedit template. Untuk mengantisipasinya, kita bisa mengunduh template blog kita yang belum diedit. Caranya sebagai berikut:

Pertama. klik tombol "Cadangkan/Pulihkan."

Kedua, klik tombol "Unduh template lengkap".

Ketiga, simpan file template itu ke komputer/laptop Anda.

Dengan cara ini, apabila template Anda rusak atau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Anda bisa langsung meng-upload template Anda yang lama.

Apabila Anda sudah mengerti tentang cara pemasangan template, maka Anda juga sudah bisa mulai mengoptimisasi SEO dengan cara memasang template yang SEO friendly.

Akhir kata, jika Anda menyukai artikel ini dan ingin menyebarluaskannya kepada orang lain, tolong sertakan link sumbernya. Sekian dan terima kasih ~(^o^)~
Judul: Cara Memasang Template di Blogger
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Unknown
Anda sedang membaca artikel Cara Memasang Template di Blogger. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://suzysnotebook.blogspot.com/2013/04/cara-memasang-template-di-blogger.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.

1 komentar: